Awal tahun biasanya kerap dijadikan sebagai momen untuk merefleksikan diri. Jadi, Kamu akan kembali mengingat, apa saja pengalaman dan pelajaran yang Kamu dapatkan selama tahun 2022. Pengalaman tersebut bisa berupa keberhasilan yang telah Kamu dapatkan maupun tantangan yang sudah Kamu lalui.

 

Tentu saja, segala hal yang sudah Kamu lewati dapat membantu Kamu menentukan resolusi bisnis untuk tahun 2023. Agar resolusi-resolusi bisnis Kamu dapat terwujud, Kamu bisa memanfaatkan solusi layanan fintech loh. Yuk, cari tahu apa saja peran fintech untuk pelaku usaha pada uraian berikut ini!

[Baca juga: Electronic Wallet dan Payment Gateway, Bedanya Apa Ya?]

 

1. Menambah sumber daya

                                              

Melalui kemitraan dengan layanan fintech, proses transaksi yang dilakukan antar pelaku usaha dan pembeli menjadi lebih efektif. Tidak heran, bisnis Kamu bisa menjadi semakin berkembang. Belum lagi, layanan fintech juga mudah diakses oleh seluruh kalangan sehingga membuka kesempatan bagi pelaku usaha yang tadinya belum menggunakan layanan keuangan untuk menggunakan teknologi. Jika tadinya mereka hanya menerima pembayaran secara tunai, maka kini mereka bisa menerima pembayaran secara cepat, praktis, dan aman menggunakan metode transaksi cashless.

 

2. Meningkatkan retensi pelanggan

 

Layanan teknologi keuangan dapat meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. Sebelum menggunakan solusi fintech pembayaran, pelanggan harus membawa uang tunai untuk bertransaksi. Namun berkat adanya solusi fintech, mereka bisa langsung bertransaksi dari ­e-wallet atau mobile banking yang ada di ponsel mereka. Karena pelaku usaha bisa meningkatkan kepuasan belanja pelanggan, maka tingkat retensi pelanggan pun akan bertambah.

 

3. Mengoptimalkan bisnis

 

Saat Kamu menggunakan produk-produk fintech, maka akan ada beragam aspek bisnis yang bisa Kamu optimalkan. Soalnya, pekerjaan-pekerjaan yang tadinya dilakukan secara manual kini bisa dikelola secara otomatis menggunakan sistem yang ada. Misalnya, ketika membuat laporan penjualan, biasanya pelaku usaha harus mencatat satu per satu pesanan yang masuk. Namun, ketika pelaku usaha menggunakan Cashlez, maka laporan penjualan bisa diakses secara otomatis melalui Dashboard Reporting.

[Baca juga: Dukung Brand Lokal di Pasar Global, Cashlez Berkolaborasi dengan Sarinah

 

4. Meningkatkan akses kredit

 

Kehadiran fintech dapat meningkatkan inklusi keuangan. Dahulu, pelaku usaha, khususnya yang termasuk ke dalam skala UMKM menghadapi tantangan saat memenuhi dokumen persyaratan untuk pengajuan pinjaman. Akan tetapi, berkat adanya layanan fintech yang mencatat laporan penjualan, pelaku usaha bisa mengakses pengajuan pinjaman secara lebih mudah. Untuk mendapatkan akses laporan penjualan, Kamu bisa loh menggunakan layanan Cashlez Reporting secara gratis.

 

5. Menghadirkan inovasi secara mudah

 

Layanan-layanan fintech pada umumnya tidaklah membutuhkan persyaratan yang rumit. Kamu hanya perlu menyediakan dokumen-dokumen untuk keperluan identifikasi dan verifikasi. Untuk mendaftar sebagai Merchant Cashlez dan menyediakan layanan pembayaran nontunai, Kamu bisa langsung mengakses merchant.cashlez.com, mengisi form, serta mengambil foto diri secara online. Setelah itu, pengajuan Kamu akan direview dan diverifikasi.

 

6. Menjamin keamanan transaksi

 

Produk-produk fintech membantu pelaku usaha untuk mengelola bisnis secara aman, misalnya melalui layanan perlindungan data pelanggan, protokol keamanan, dan layanan pendeteksi fraud. Keamanan ini bukan hanya membantu pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya secara lancar, melainkan juga memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan saat bertransaksi. Dengan begitu, reputasi bisnis Kamu pun bisa semakin meningkat.

 

Seiring perkembangan zaman, layanan fintech menghadirkan beragam solusi bisnis yang membantu pelaku usaha untuk beradaptasi, mengembangkan bisnisnya, serta memberikan kontribusi untuk masyarakat. Melalui solusi fintech pembayaran dari Cashlez Payment Gateway, Kamu bisa menerima transaksi secara praktis. Terdapat bermacam-macam pilihan pembayaran nontunai, seperti kartu kredit/debit, payment link, Virtual Account, dan QRIS.

Share : icon icon