Apa yang perlu dilakukan pelaku usaha agar bisnisnya berjalan lancar? Tentu saja, pertama-tama ia perlu mempromosikan produknya sehingga masyarakat mengenal dan tertarik untuk membeli produk tersebut. Nah, bagi Kamu yang hendak melakukan pemasaran untuk bisnis Kamu, jangan lupa untuk memperhatikan 6 jenis strategi pemasaran berikut ini!

 

  1. Kategori produk

Untuk melakukan branding berdasarkan kategori produk, Kamu perlu menunjukkan keistimewaan produk Kamu dibandingkan dengan produk serupa. Sebagai contoh, apabila Kamu menawarkan kue kering, Kamu dapat memberikan keterangan bahwa Kamu menawarkan berbagai varian kue ataupun jasa dekorasi kue ulang tahun sesuai permintaan pelanggan.

 

  1. Berdasarkan referensi dari kompetitor

Jika Kamu ingin melakukan branding berdasarkan referensi dari kompetitor, tentu Kamu harus membuat materi promosi yang terkait dengan materi promosi kompetitor. Dengan begitu, masyarakat dapat dengan mudah mengenali produk Kamu karena materi promosi Kamu berhubungan dengan materi promosi yang mereka pernah lihat sebelumnya.

 

  1. Manfaat produk Kamu

Dengan cara ini, Kamu perlu menunjukkan, apa saja keunggulan produk tersebut sehingga pelanggan wajib untuk membelinya. Pelanggan tentu menginginkan produk yang terbaik, baik dari segi kualitas, harga, maupun cara penggunaan. Nah, Kamu perlu memenuhi semuanya pada produk yang Kamu tawarkan ke mereka.

 

  1. Pengemasan produk

Meskipun terlihat sederhana, sebuah atribut produk juga bisa mempengaruhi kesuksesan branding Kamu loh. Hal ini dikarenakan pengemasan yang unik akan mampu menarik perhatian calon pelanggan. Dibandingkan produk-produk lain yang pengemasannya mirip, Kamu justru menunjukkan hal berbeda yang membuat produk Kamu lebih fresh.

 

  1. Harga menarik dan kualitas yang terjamin

Salah satu hal yang efektif untuk menarik calon pelanggan ialah dengan menyertakan harga spesial. Seperti yang kita tahu, harga adalah salah satu pertimbangan paling penting ketika seseorang memutuskan untuk berbelanja atau tidak. Selain harga, Kamu juga perlu menunjukkan bahwa produk Kamu juga memiliki kualitas yang terpercaya.

  1. Menunjukkan identitas pengguna

Sebuah produk dapat memberikan identitas bagi penggunanya. Makanya, Kamu juga dapat menampilkan identitas pada produk Kamu. Sebagai contoh, Kamu menyediakan berbagai minuman yang sedang tren. Tentu saja, target konsumen Kamu ialah mereka yang berasal dari kalangan milenial. Kamu dapat menyertakan keterangan bahwa produk Kamu adalah minuman generasi masa kini.

 

Ada banyak hal yang dapat Kamu lakukan agar promosi Kamu tidak monoton. Jenis promosi mana yang paling menarik bagimu?

 
Share : icon icon