Ketika baru membangun sebuah bisnis, seorang pemilik usaha secara natural akan fokus pada beberapa hal yang mereka minati, misalnya seperti urusan operasional, marketing, atau sales. Nah, tanpa disadari, kecenderungan ini bisa membuat Kamu mengesampingkan mekanisme serta prosedur dalam urusan operasional. Padahal, membangun sistem operasional sangatlah penting untuk keberhasilan sebuah usaha.

 

Apa yang dimaksud dengan operasional bisnis?

Operasional bisnis mengacu pada segala hal yang dilakukan di perusahaan sehingga bisnis bisa terus berlangsung. Makanya, tidak heran jika pelaku usaha juga perlu memikirkan urusan operasional dalam rencana bisnisnya. Untuk mempersiapkan operasional bisnis, para founder perusahaan harus terlebih dahulu memahami hal-hal yang bermanfaat untuk organisasinya, seperti sumber daya manusia, sistem bisnis, serta perlengkapan yang dibutuhkan. Lantas bagaimana kiat untuk membangun sistem operasional secara efektif? Berikut ini terdapat 7 trik yang bisa Kamu lakukan.

 

1. Tentukan ekspektasi untuk anggota tim

Operasional bisnis tentunya berhubungan langsung dengan pencapaian dan tantangan yang dihadapi oleh tim. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi pemilik bisnis untuk memberikan arahan serta feedback agar anggota tim dapat terinspirasi dan meningkatkan kinerja mereka. Tentu saja, di dalam sebuah operasional bisnis yang efektif, dibutuhkan manajemen yang mengelola sistem operasional bisnis tanpa ego, melainkan keinginan untuk terus maju.

 

2. Pastikan segala sesuatu sudah terstruktur

Di dalam sebuah bisnis, Kamu dan tim juga perlu menyusun aset-aset yang dimiliki. Terdapat berbagai jenis aset, seperti dokumen, prosedur, kebijakan, materi promosi, perjanjian, proposal, dan lain sebagainya. Ketika setiap aset sudah diatur dan dikelola, Kamu dan tim tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencarinya, melainkan bisa lebih produktif untuk mengerjakan hal krusial yang lain.

 

3. Kembangan proses onboarding

 Tahukah Kamu? Bagi staf yang baru direkrut, hari-hari dan minggu-minggu awal memberikan berpengaruh signifikan pada pengalaman mereka dalam jangka panjang. Jadi, Kamu pun harus mempertimbangkan, apa hal yang dapat Kamu bantu untuk memotivasi para staf serta memperkenalkan mereka kultur perusahaan.

 

4. Memaksimalkan sumber daya yang Kamu miliki

Sistem operasional merupakan hal penting yang memastikan agar bisnis Kamu berjalan dengan lancar. Nah, untuk membangun sistem yang berkualitas, pastikan Kamu memaksimalkan sumber daya yang Kamu miliki. Apalagi, bagian operasional pada umumnya berfokus pada tugas-tugas dan tidak selalu bias diprediksi. Makanya, Kamu harus membangun kebiasaan serta sistem yang membantu proses pengerjaan tugas-tugas tersebut.

 

5. Memiliki prosedur yang jelas

Di dalam menjalankan bisnis, Kamu dan tim harus memahami proses pengerjaan sebuah proyek secara jelas. Soalnya, hal ini akan berpengaruh pada efektivitas tim serta meminimalisir risiko miskomunikasi. Nah, salah satu hal sederhana yang akan membantu kita untuk memiliki prosedur yang jelas ialah dengan memastikan semuanya berjalan transparan.

 

6. Selalu terbuka pada feedback

Mungkin, Kamu memang pendiri sebuah bisnis, akan tetapi bisnis Kamu tidak akan berjalan tanpa peran dari anggota tim yang lain. Makanya, pastikan untuk selalu terbuka pada masukan dan ide karena feedback mereka akan membantu kemajuan bisnis Kamu.

 

7. Berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan

Sistem operasional bisnis yang efektif bukan hanya berfokus dalam salah satu hal, seperti proses penjualan saja. Justru, pemilik usaha juga harus memperhatikan keseluruhan aspek, misalnya ketika ada kendala yang dialami pelanggan. Sediakan customer service yang terbaik untuk pelanggan karena dari sinilah reputasi bisnis Kamu terlihat.

 

Melalui penetapan sistem operasional bisnis, Kamu dan para staf dapat membuat kebiasaan baik yang berpengaruh pada perkembangan bisnis. Selain itu, sistem operasional akan mempermudah para staf memahami kerangka pekerjaan.

Share : icon icon