Di era digital, usaha online boleh dibilang semakin terkenal karena berbagai kebutuhan bisa diperoleh secara online. Baik berupa makanan, pakaian, hingga keperluan tambahan seperti perawatan wajah dan kosmetik. Lantas, apakah setiap pelaku usaha online bisa memiliki usaha yang menjanjikan? Jawabannya ya, jika mereka mampu menghindari 5 hal berikut ini!

 

  1. Terlalu banyak investasi, namun hasil tidak sesuai

Menjadi pelaku usaha yang customer oriented adalah hal yang wajib Kamu lakukan. Namun, bukan berarti Kamu bisa kapan saja menyediakan apa yang pelanggan Kamu butuhkan. Sebelum memenuhi permintaan pelanggan, Kamu perlu melihat kesiapan usaha Kamu terlebih dahulu. Jangan sampai, penawaran-penawaran menarik yang Kamu sediakan justru tidak memberikan hasil yang sesuai dengan ekspektasi Kamu sebelumnya.

 

  1. Tidak memaksimalkan media sosial

Sebagai bisnis yang baru buka, tentu Kamu harus gencar memasarkan brand Kamu ke publik, termasuk melalui media sosial sebagai platform digital. Hal ini memiliki pengaruh signifikan bagi audiens Kamu. Mereka juga bisa dengan mudah mengenali setiap produk dan layanan yang Kamu sediakan. Maka dari itu, gunakan media sosial seefektif mungkin untuk menyediakan konten-konten relevan serta informasi bagi pelanggan. Ingat, di awal perjalanan bisnis, media sosial sangat penting untuk menekan budget pemasaran Kamu.

 

  1. Melewatkan penggunaan aplikasi bisnis

Meskipun masih pemula dan minim budget, bukan berarti segala sesuatu perlu Kamu lakukan secara manual. Ingat, Kamu tidak perlu menyia-nyiakan waktu dan tenaga Kamu untuk melayani pelanggan dan mendaftar semua produk. Ada Aplikasi Cashlez yang menyediakan sistem mobile POS sehingga Kamu bisa langsung menggunakan mesin kasir di smartphone Kamu. Aplikasi ini juga bisa menerima pembayaran online dan digital dari pelanggan loh!

 

  1. Terlalu pesimis

Kamu adalah orang yang paling berpengaruh pada kesuksesan usaha Kamu. Jadi, jangan sampai Kamu pesimis ataupun lengah dan menganggap segala sesuatu akan terjadi di waktu yang tepat. Kesuksesan Kamu tidak akan ditentukan oleh waktu, namun oleh seberapa besar usaha yang Kamu lakukan untuk mewujudkannya.

 

  1. Berpikir satu tips berfungsi untuk semua jenis bisnis

Hanya karena Kamu mendapatkan tips bisnis dari sumber yang terpercaya, bukan berarti tips tersebut juga memberikan pengaruh positif pada usaha Kamu. Pengetahuan yang Kamu miliki harus digabungkan dengan pengalaman yang Kamu dapat selama berbisnis sehingga Kamu bisa membuat keputusan-keputusan yang benar.

 

Setiap pengetahuan dan pengalaman adalah hal yang berharga bagi pelaku usaha. Makanya, Kamu harus berpikiran terbuka. Di antara kelima hal di atas, mana yang paling sulit untuk Kamu hindari?

 
Share : icon icon