Pada umumnya, seorang pelanggan yang hendak berbelanja akan dilayani oleh penjual. Akan tetapi, seiring dengan kemajuan teknologi, Kamu tidak selalu harus melayani pelanggan Kamu. Meskipun mereka tidak dibantu oleh stafKamu, mereka bisa mendapatkan sendiri produk-produk yang mereka butuhkan. Konsep pembelian tanpa dilayani staf ini dikenal dengan istilah self service alias swalayan.

 

Kamu tentu bisa merasakan sistem melayani kebutuhan sendiri pada pasar-pasar modern, bukan? Meskipun disebut swalayan, Kamu sebenarnya masih membutuhkan bantuan staf saat bertransaksi di kasir pasar modern. Berbeda halnya dengan tempat-tempat usaha yang sepenuhnya sudah menerapkan self service, mulai dari pemilihan produk, proses pembayaran, hingga pengambilan barang belanjaan.

 

Karena masih terbilang baru, layanan self service biasanya hanya kita temukan pada beberapa jenis tempat usaha saja, misalnya seperti layanan laundry ataupun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Sementara itu, terdapat juga beberapa restoran maupun coffee shop yang juga sudah mulai menerapkan sistem self service sebagai alternatif bagi pelanggan yang ingin menu pesanannya langsung diproses sehingga tidak perlu lagi menunggu ada pelayan yang menghampiri.

 

Lantas, segmen bisnis apa saja yang cocok untuk menggunakan self service? Pada dasarnya, tidak ada batasan apapun untuk menentukan mana segmen bisnis yang bisa dan tidak bisa menggunakan layanan ini. Akan tetapi, biasanya pemilik usaha akan mulai menerapkan self service apabila ia dapat menyediakan sistem yang mudah untuk digunakan oleh setiap kalangan, misalnya dengan menyediakan kategori produk, jumlah pemesanan, serta kolom untuk memasukkan kode referral apabila pelanggan tersebut mendapatkan voucher diskon.

 

Melalui menerapan layanan kekinian berupa self service ini, yang diuntungkan bukan hanya Kamu saja, tetapi juga pelanggan Kamu. Dari dari sisi pelaku usaha, tentu Kamu tidak membutuhkan banyak biaya untuk merekrut banyak orang. Cukup dengan bantuan gadget, Kamu sudah bisa memaksimalkan pelayanan pelanggan. Sementara dari sisi pelanggan, memesan sendiri tanpa bantuan staf juga akan menambah pengalaman bertransaksi. Secara tidak langsung, para pelanggan Kamu juga akan lebih mengenal brand yang Kamu tawarkan.

 

Kamu siap beralih ke self service? Yuk, gunakan Smartpoz untuk membuat self service di tempat usahamu semakin optimal!

 

 

Share : icon icon