Transformasi digital yang terus terjadi di era masa kini tentu membuat pelaku usaha, termasuk enterprise tidak terlepas dari penggunaan teknologi pada bisnis mereka, seperti teknologi keuangan yang menyediakan solusi pembayaran. Tentu saja, di tengah perkembangan teknologi tersebut, ada faktor signifikan harus selalu Kamu prioritaskan, yakni customer experience.

 

Tidak bisa dipungkiri, meningkatkan pengalaman belanja pelanggan memang menjadi hal menantang. Soalnya, setiap pelanggan pasti memiliki kecenderungan berbelanja yang berbeda satu sama lain. Apabila Kamu ingin menyediakan layanan yang tepat, tentu Kamu harus memahami kebiasaan pelanggan Kamu secara keseluruhan. Nah, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di era digital, Kamu dapat menggunakan tiga tips berikut ini!

 

1. Dengarkan pelanggan Kamu

Mendengarkan pelanggan adalah salah satu hal krusial untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Soalnya, sebuah bisnis tentu bertujuan untuk menyediakan solusi bagi pelanggan. Jadi, pebisnis pun perlu menerima feedback dari pengguna produk dan jasa mereka.

Untuk menjadi pendengar yang baik, ada bermacam-macam cara dan pendekatan yang bisa Kamu lakukan, misalnya seperti melakukan survei atau menyediakan customer service. Dengan demikian, pelanggan dapat secara mudah menyampaikan pendapat terhadap bisnis, produk, dan layanan yang disediakan enterprise.

 

2. Buatlah pengalaman pelanggan lebih personal

Apabila Kamu ingin membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, maka melakukan pendekatan secara personal adalah solusi yang tepat. Pasalnya, Kamu tidak bisa menyamaratakan setiap pelanggan. Dan melalui tahap ini, pelanggan pun akan lebih merasa dihargai dan dimengerti.

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui trik pendekatan personal, mulailah dengan meminta pelanggan untuk membuat profile mereka pada CMS bisnis Kamu. Dari situ, Kamu dapat melihat kecenderungan belanja pelanggan.

 

3. Melakukan pendekatan dengan pelanggan

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis di era digital ialah kesempatan yang bisa Kamu dapatkan untuk berinteraksi secara lebih intens dengan pelanggan. Bahkan, pada masa pandemi seperti sekarang ini, pendekatan tersebut tetap bisa dilakukan melalui platform seperti media sosial.

Dengan kata lain, kehadiran sebuah enterprise pada platform digital sangatlah diperlukan. Apalagi, jumlah pelanggan yang berinteraksi dengan Kamu berpengaruh dari kualitas konten yang Kamu hadirkan. Selain itu, Kamu pun perlu memastikan agar website bisnis Kamu dapat diakses secara mudah dan cepat.

 

Melalui peningkatan kepuasan pelanggan, bukan hanya pelanggan saja yang mendapatkan manfaat. Kamu sebagai pelaku usaha (enterprise) pun bisa meningkatkan kualitas dan citra bisnis Kamu. 

Share : icon icon