Setiap pelaku usaha tentu mengharapkan pengunjungnya berbelanja, baik yang datang ke toko fisik maupun yang membuka situs toko online. Namun, sebelum sampai pada tahap transaksi, para pengunjung akan melakukan beberapa pertimbangan sambil melihat-lihat produk yang mereka inginkan. Dan, salah satu hal yang kerap dicari tahu pelanggan ialah kredibilitas bisnis Kamu.

 

Di era digital seperti saat ini, mencari informasi mengenai kredibilitas bisnis bukanlah hal yang rumit. Justru, para pengunjung bisa langsung mengetahui tentang reputasi bisnis Kamu hanya melalui ponsel pintar mereka. Lantas, apa saja sih manfaat membangun kredibilitas bisnis, khususnya pada era berbasis teknologi? Cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini.

 

Apa itu kredibilitas bisnis?

 

Sebelum mengetahui peran kredibilitas bisnis, Kamu perlu memahami dahulu apa itu kredibilitas. Jadi, kredibilitas bisnis menunjukkan seberapa percayanya orang-orang terhadap bisnis Kamu, terutama yang mereka yang termasuk sebagai kategori target pelanggan. Untuk mengetahui kredibilitas bisnis, Kamu bisa menggunakan cara sederhana, yaitu melalui respon pelanggan terhadap sebuah brand. Semakin tinggi angka konversi dari sebuah brand, maka semakin tinggi juga kredibilitasnya. 

Perlu diingat bahwa kredibilitas berbeda dengan autoritas. Autoritas berhubungan dengan pemahaman Kamu sebagai pelaku usaha. Sementara itu,  kredibilitas berhubungan dengan cara pandang orang lain terhadap brand Kamu.

[Baca juga: 5 Kemampuan yang Diperlukan Entrepreneur Masa Kini]

 

Peran kredibilitas bisnis di era digital

 

Sama seperti kualitas produk dan layanan, kredibilitas bisnis yang tinggi juga akan membantu Kamu untuk mengembangkan usaha. 

 

1. Memelihara loyalitas pelanggan

 

Reputasi bisnis memiliki pengaruh penting terhadap loyalitas pelanggan. Soalnya, apabila pelanggan melihat pengaruh positif pada bisnis Kamu, misalnya melalui inovasi produk atau kehadiran layanan pembayaran non tunai, maka mereka akan semakin yakin untuk terus mendukung brand Kamu dan membeli produk atau jasa yang Kamu tawarkan. Meskipun Kamu memiliki tantangan karena adanya kompetitor, para pelanggan tetap setia terhadap brand Kamu karena brand Kamu dapat memenuhi keinginan mereka.

 

2. Memperluas koneksi

 

Pada dasarnya, kredibilitas bisnis Kamu akan memperluas kesempatan untuk membangun koneksi, baik dengan pelanggan, mitra bisnis, maupun staf. Hal ini dikarenakan bisnis yang memiliki reputasi baik bukan hanya membuat para pelanggannya kembali berbelanja, melainkan juga dapat membangun hubungan baik antara penjual dan pelanggan. Maka dari itu, mereka dapat memberikan rekomendasi dan menceritakan mengenai model bisnis Kamu ke orang-orang yang di sekitar mereka.

[Baca juga:  Trik Jitu Meningkatkan Kredibilitas Sebagai Pelaku Usaha yang Wajib Kamu Baca!]

 

3. Meningkatkan revenue

 

Kredibilitas bisnis bukan hanya membantu Kamu untuk menunjukkan nilai-nilai bisnis loh, melainkan juga dapat mendukung pertumbuhan revenue. Dibandingkan dengan bisnis yang belum memiliki kredibilitas, bisnis yang sudah memiliki kredibilitas akan cenderung mendapatkan lebih banyak pelanggan. Soalnya, mereka akan mencari penyedia produk dan layanan yang terpercaya.

 

4. Meningkatkan pengalaman belanja pelanggan

 

Untuk memenuhi ekspektasi pelanggan, maka Kamu harus terlebih dahulu mendapatkan kepercayaan mereka. Apabila Kamu belum memahami keinginan pelanggan dan meningkatkan pengalaman belanja mereka, maka Kamu akan kesulitan untuk meyakinkan mereka bahwa produk dan layanan bisnis Kamu merupakan pilihan terbaik bagi mereka. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha, Kamu harus konsisten menunjukkan bahwa bisnis Kamu dikelola secara profesional dan akan selalu memprioritaskan privasi pelanggan.

 

Sama halnya seperti kualitas produk dan layanan, kredibilitas bisnis menjadi salah satu pertimbangan utama yang menentukan, apakah pengunjung akan berbelanja atau tidak. Proses untuk membangun kredibilitas bisnis tidaklah sederhana. Jadi, pastikan Kamu selalu konsisten untuk menghadirkan produk dan layanan yang memenuhi ekspektasi pelanggan dan membuat kredibilitas meningkat!

Share : icon icon