Layanan pembayaran memiliki pengaruh penting pada sebuah bisnis. Apabila pelanggan bisa memilih bermacam-macam metode pembayaran, maka mereka akan merasa lebih nyaman dan puas ketika berbelanja. Sebaliknya, ketika layanan pembayarannya terbatas, maka pelanggan pun harus menyiapkan alat pembayaran yang sesuai.

 

Untuk mengoptimalkan layanan pembayaran, Kamu dapat menggunakan solusi fintech payment gateway. Soalnya, layanan payment gateway bukan hanya bisa digunakan pada bisnis online saja, melainkan juga bisnis offline. Yuk, cari tahu mengenai payment gateway dan perannya untuk bisnis online serta offline melalui penjelasan berikut ini!

[Baca juga: Electronic Wallet dan Payment Gateway, Bedanya Apa Ya?]

 

Mengenal Payment Gateway

 

Sesuai dengan namanya payment gateway merupakan sebuah sistem yang memungkinkan proses pembayaran dari pelanggan ke pelaku usaha berjalan lancar. Di samping itu, payment gateway juga dapat menjamin keamanan transaksi. Terdapat beberapa pihak yang terlibat dalam payment gateway, yaitu pelaku usaha (merchant) yang menerima pembayaran, pelanggan yang melakukan transaksi, issuer bank sebagai institusi keuangan yang memproses pembayaran kartu, penyedia teknologi payment gateway, serta card schemes yang memproses pembayaran antara merchant dan card issuer.

 

Peran Payment Gateway untuk Bisnis Online

 

Pemilik bisnis online bisa mendapatkan bermacam-macam manfaat melalui penggunaan payment gateway, di antaranya seperti ulasan berikut ini.

 

1. Mempermudah proses check out

 

Pelaku usaha yang menyediakan payment gateway pada bisnis online dapat meningkatkan pengalaman pelanggan saat check out. Proses transaksinya lancar dan cepat. Untuk mendapatkan kemudahan ini, Kamu bisa menggunakan metode transaksi online card payment yang terdapat di Aplikasi Cashlez. Setelah memasukkan nominal transaksi, Kamu bisa menghasilkan link pembayaran yang dapat dikirimkan ke pelanggan.

[Baca juga: Dukung Brand Lokal di Pasar Global, Cashlez Berkolaborasi dengan Sarinah

 

2. Mendongkrak penjualan

 

Proses checkout berpengaruh besar pada kecenderungan pelanggan loh. Apabila proses checkoutnya rumit, maka bisa saja pelanggan malah memutuskan untuk membatalkan transaksi. Sebaliknya, kemudahan payment gateway justru meningkatkan potensi penjualan bisnis Kamu. Soalnya, pelanggan akan langsung melakukan pembayaran tanpa kendala apapun.

 

3. Terintegrasi pada e-commerce

 

Karena dapat terintegrasi ke e-commerce, Kamu tidak perlu lagi meminta pelanggan untuk melakukan pembayaran. Mereka bisa langsung bertransaksi secara online karena akan diarahkan dari website. Apalagi, keamanan bertransaksi juga terjamin karena payment gateway biasanya sudah mendapatkan kompliansi standar keamanan, misalnya seperti PCI DSS.

 

Peran Payment Gateway untuk Bisnis Offline

 

Selain bisnis online, bisnis offline pun akan terbantu melalui layanan payment gateway yang dapat memberikan manfaat-manfaat berikut.

 

1. Pembayaran multichannel

 

Toko yang menerima transaksi non tunai akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman. Soalnya, mereka tidak perlu kesulitan menyediakan alat pembayaran. Mereka justru bisa langsung memilih, apa jenis metode pembayaran yang ingin mereka gunakan, misalnya berupa QR Payment, kartu kredit, atau kartu debit.

 

2. Tidak perlu menyediakan uang kembalian

 

Bayangkan ketika Kamu sedang mengikuti bazaar dan Kamu tidak memiliki persediaan uang tunai yang cukup untuk uang kembalian. Alhasil, Kamu harus menukarkan uang kembalian dan membuat pelanggan menunggu. Kondisi ini tidak akan Kamu alami apabila Kamu sudah menggunakan layanan payment gateway yang menyediakan bermacam-macam opsi transaksi.

 

3. Bertransaksi dalam jumlah minim

 

Mungkin saja, masih banyak pelanggan yang beranggapan bahwa layanan pembayaran nontunai hanya bisa digunakan untuk transaksi dalam jumlah nominal tertentu saja. Padahal, layanan  payment gateway memungkinkan Kamu untuk menerima transaksi dengan jumlah yang minim. Jadi, pelanggan cukup menggunakan kartu atau perangkat elektronik mereka untuk melakukan pembayaran.

 

Melalui penggunaan layanan payment gateway, Kamu meningkatkan kualitas transaksi bisnis secara online dan offline. Apalagi, layanan ini juga bisa Kamu dapatkan dengan mudah, yakni melalui pendaftaran sebagai Merchant Cashlez di merchant.cashlez.com. Yuk, pakai Cashlez!

Share : icon icon