Dalam berbisnis, mungkin Kamu pernah mempertanyakan “Bagaimana ya cara meningkatkan penjualan pada bulan depan, tanpa menambah budget produksi?” atau “Mana yang harus Kamu pilih antara meningkatkan budget untuk promosi atau menambah jumlah alat produksi?”

 

Pertanyaan-pertanyaan di atas tentunya harus Kamu jawab sekaligus laksanakan. Memang, menentukan keputusan bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi Kamu juga harus mempertimbangkan berbagai aspek. Selain itu, keputusan yang Kamu buat dapat memberikan dampak yang signifikan bagi masa depan bisnis Kamu. Nah, supaya Kamu tidak bingung membuat keputusan, pastikan untuk mengikuti 5 tips berikut ini ya!

 

1. Pahami informasi seputar bisnis Kamu

Supaya Kamu bisa mengambil keputusan secara tepat, Kamu perlu mengumpulkan informasi-informasi yang berpengaruh pada bisnis Kamu. Soalnya, tanpa mengetahui informasi-informasi yang penting, Kamu akan melewatkan kesempatan untuk membuat bisnis Kamu semakin berkembang. Selain itu, mengumpulkan informasi juga penting loh untuk memastikan opini yang Kamu buat telah berdasarkan fakta, bukan hanya asumsi.

 

2. Fokus pada hasil

Tentukan apa yang Kamu dan tim Kamu inginkan serta hasil apa yang ingin Kamu harapkan berdasarkan keputusan yang Kamu buat. Seseorang pelaku usaha tentunya harus fokus pada tujuan jangka panjang maupun jangka pendek bisnis mereka. Selain itu, pastikan juga untuk memantau keadaan keuangan bisnis sebagai salah satu pertimbangan Kamu untuk membuat keputusan.

 

3. Tanyakan referensi dari pihak lain

Tanyakan referensi dari pihak lain sehingga Kamu bisa mendapatkan referensi dari sudut pandang berbeda. Referensi tersebut bisa Kamu peroleh dari teman maupun kolega bisnis Sebagai contoh, Kamu bisa membicarakan mengenai cara untuk mengelola bisnis serta menentukan keputusan saat ada situasi dimana Kamu harus melakukan promosi atau campaign.

 

4. Tetaplah tenang

Jangan berusaha untuk melakukan segala sesuatu dalam satu hal karena hal ini tidak sama sekali membantumu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Sebaliknya, cobalah untuk tetap tenang, bila perlu luangkan waktu selama 10 menit untuk tetap rileks. Di waktu yang singkat ini. Kamu bisa melakukan aktivitas-aktivitas ringan seperti mendengarkan radio, melakukan stretching, maupun menonton siaran singkat.

 

5. Belajar dari kesalahan dan lakukan evaluasi

Mungkin, Kamu juga pernah membuat keputusan yang tidak tepat sehingga memberikan dampak negatif pada bisnis Kamu. Tentu saja, hal ini bukanlah hal yang mudah, akan tetapi Kamu harus tetap berusaha dan menjadikan kesalahan tersebut sebagai pelajaran. Dengan begitu, Kamu akan mampu membuat keputusan berdasarkan pertimbangan yang tepat.

 

Memang, menentukan keputusan, terlebih pada situasi yang sulit akan menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pebisnis. Namun, apapun keputusan yang Kamu buat, pastikan Kamu sudah menetapkannya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang bijak ya!

 

Share : icon icon