Sejak kemunculan kasus Covid-19 pada bulan Maret 2020, pemerintah meminta masyarakat untuk meminimalisir kontak fisik. Hashtag#DiRumahAja menjadi salah satu hal yang gencar diberitahukan agar masyarakat beraktivitas dari rumah, baik untuk bekerja, beribadah, maupun belajar. Tentu saja, kita semua yang memiliki bisnis juga membutuhkan penyesuaian agar tetap produktif meskipun tidak melakukan kegiatan di luar rumah. Nah, apabila Kamu ingin tetap produktif dan menjalankan bisnis Kamu dengan lancar, pastikan Kamu mengikuti 4 hal berikut ini!

 

  1. Lakukan keseharian Kamu seperti biasa

Agar tetap produktif, tentu Kamu harus melakukan rutinitasmu. Hanya saja, Kamu melakukannya dengan cara yang berbeda. Jika misalnya Kamu harus datang bertemu dengan mitra usaha maupun pelanggan, maka kini Kamu bisa berkomunikasi dengan mereka secara digital. Untuk membahas mengenai usaha dengan mitra bisnis, Kamu dapat melakukan video call. Sementara untuk bertransaksi dengan pelanggan, Kamu dapat menyediakan platform online sehingga mereka dapat berbelanja dengan mudah.

 

  1. Pastikan Kamu tetap rileks

Selain melakukan keseharianmu seperti biasa, Kamu juga perlu sesekali meluangkan waktu untuk rileks. Setelah beberapa jam duduk, cobalah untuk berbaring dan meluruskan tubuhmu sehingga kepenatan bekerja dapat hilang. Jika Kamu berpikir hal ini termasuk salah satu cara bermalas-malasan, Kamu salah. Karena sebenarnya, merilekskan tubuh justru membantu Kamu untuk tetap produktif dan kembali bersemangat menyelesaikan urusan-urusanmu.

 

  1. Atur waktu Kamu sendiri

Meskipun Kamu tetap berada di rumah, Kamu harus mengatur waktu yang Kamu miliki. Jangan sampai, keseharian Kamu malah menjadi tidak seimbang karena tidak membedakan antara waktu untuk bekerja dan waktu untuk diri sendiri. Sebagai contoh, Kamu dapat memantau bisnis dari pagi hingga sore, sementara malam hari Kamu gunakan untuk bersantai dengan anggota keluarga lainnya.

 

  1. Jangan melakukan multitasking

 

Beberapa orang berpikiran bahwa mereka dapat melakukan banyak hal karena berada di rumah. Tentu saja, Kamu harus terlebih dahulu menyesuaikan waktu yang Kamu miliki. Jangan sampai, Kamu malah mengerjakan banyak hal dan membuat fokus Kamu terbagi. Jadi, selesaikan dulu satu hal, baru beralih ke hal yang lainnya.

 

Pada masa pandemi, rumah bukan hanya menjadi tempat untuk bersantai, tetapi juga untuk berkontribusi, baik untuk bisnis maupun untuk masyarakat. Sudahkah Kamu menerapkan physical distancing?

 
Share : icon icon