Tidak ada satupun orang yang ingin mengalami kegagalan. Akan tetapi, kita tidak bisa memprediksi apakah usaha yang kita lakukan akan berhasil atau tidak. Adakalanya, hal yang kita lakukan tidak berjalan sesuai dengan yang kita rencanakan.

Pada dasarnya, siapa pun bisa mengalami kegagalan, termasuk juga para pemilik usaha. Meskipun belum berhasil, bukan berarti kita bisa menyerah. Yuk, belajar bangkit dari kegagalan melalui 5 pebisnis sukses berikut ini!

 

  1. Walt Disney

Walt Disney merupakan seorang animator, produser, serta pengusaha yang berasal dari Amerika Serikat. Siapa sangka, sebelum karya-karyanya terkenal hingga sekarang, Walt Disney juga pernah mengalami kegagalan. Walt Disney dilaporkan pernah mengalami pemecatan dari seorang editor koran karena ia dianggap tidak memiliki imajinasi.

 

  1. Brian Chesky

 

Pendiri Airbnb ini pada awalnya menetap di Los Angeles bersama dengan rekannya yang kemudian menjadi co-founder Airbnb, yakni Joe Gebbia. Pada waktu itu, kedua sahabat ini tidaklah memiliki modal yang cukup. Mereka bahkan juga memiliki utang serta tidak sanggup untuk membayar biaya sewa tempat tinggal. Namun, melalui kesulitan-kesulitan tersebut, mereka justru berhasil membuat inspirasi untuk menyewakan ruangan di apartemen mereka yang kemudian dikembangkan menjadi ide bisnis Airbnb.

 

  1. Elon Musk

 

Chief Office Officer Tesla Motors ini sudah mulai tertarik pada dunia bisnis sejak dirinya berusia 12 tahun. Pada waktu itu, ia membuat sendiri program pada video game yang kemudian berhasil dijual. Setelah lulus kulian, Elon Musk menjual perusahan pertamanya, namun di sisi lain, ia juga mengalami kerugian besar pada perusahaan lainnya. Namun, ia berhasil bangkit dari kegagalan tersebut dan membuat roket berbahan bakar cair pertama yang didanai secara swasta.

 

  1. Ikutaro Kakehashi

 

Berbeda dengan kebanyakan orang yang mendengarkan radio untuk mengetahui berita pada masa Perang Dunia II, Ikutaro Kakehashi justru lebih senang mendengarkan musik. Hal inilah yang membuatnya tertarik untuk mempelajari cara kerja radio. Sayangnya, ketika ia membuka toko reparasi, ia harus menutup bisnisnya karena penyakit tuberkulosis yang ia derita. Namun, Ikutaro Kakehashi berhasil membuka kembali bisnisnya yang dinamakan Kakehashi Radio.

 

  1. Henry Ford

 

Pencetus Ford Motor Company ini merupakan seseorang yang berhasil melakukan revolusi terhadap produksi di pabrik menggunakan metode yang dikenal sebagai "assembly-line" atau jalur perakitan. Sebelum keberhasilannya, ia menghadapi kegagalan ketika sedang menciptakan mobil pertamanya. Soalnya, Ford tidak dapat menemukan investor untuk mendukung permodalannya ketika ia memulai dua bisnisnya.

 

Kegagalan bukanlah sebuah akhir, melainkan sebuah pelajaran yang bisa membuat kita semakin semangat untuk mengejar mimpi-mimpi kita. Jadi, jangan mudah putus asa dan selalu lakukan yang terbaik untuk bisnismu! Hadirkan Cashlez Payment Gateway untuk mempermudah Kamu mengelola transaksi bisnis melalui fitur Reporting serta penerimaan bermacam-macam transaksi nontunai!

Share : icon icon