Isi Artikel:

  1. Apa itu sistem payment gateway?
  2. Bagaimana Sistem payment gateway bekerja?
  3. Faktor-faktor yang memengaruhi Pemilihan Sistem Payment Gateway?

Tak dapat dipungkiri, dalam era Digital yang semakin berkembang, transaksi online telah menjadi satu kesatuan dari kehidupan manusia sehari-hari. Dahulu orang bertransaksi menggunakan cash yang membuat kadang kesulitan mencari atm, atau menukarkan uang kecil untuk membayar sesuatu. 

Seiring zaman transaksi online ini membantu agar lebih efisien dalam hal jual-beli sesuatu apapun itu, tinggal bagaimana kita, cashlezian nih untuk beradaptasi dengan keadaan sekarang. 

Disamping itu, karena kemajuan teknologi ini, para pengusaha dan konsumen mempertanyakan keamanan dan efisiensi transaksi online yang menjadi hal yang pokok. Bagian dari komponen penting dari transaksi online yaitu Sistem Payment Gateway.

Melalui artikel ini kita akan membahas secara detail mengenai Sistem Payment Gateway dan bagaimana hal ini sangat berpengaruh pada kinerja transaksi online. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.


Apa itu Sistem Payment Gateway?



source: pinterest.com

Mungkin sebagian dari kita masih belum tahu Apa sih Payment Gateway dan bagaimana sistem kerjanya?

Ini adalah sebuah perangkat lunak atau software atau layanan yang memfasilitasi proses transaksi online dengan pengamanan dan memvalidasi informasi pembayaran antara kedua pihak penjual dan pembeli, dan untuk proses transaksi nya melalui bank penerbit atau lembaga keuangan yang digunakan.

Baca juga: 5 Cara Promosi Bisnis Secara Lokal, Langkah Awal untuk Dikenal





Lalu Bagaimana Sistem Payment Gateway ini Bekerja?



Source: pinterest.com


Setelah kita tahu nih, Payment Gateway itu apa, pasti kamu bertanya-tanya kira-kira bagaimana sistem ini beroperasi, bagaimana transaksi ini berjalan?

Pertama, Pengiriman Informasi Pembayaran, setelah pembeli memasukkan informasi pembayaran, seperti nomor rekening, jumlah transaksi dan rincian lainnya, informasi ini ini dikirimkan melalui sistem gateway. 

Kemudian, Pengamanan Informasi, Sistem gateway berproses mengenkripsi informasi untuk melindungi dari akses yang tidak sah atau corrupt selama transmisi berlangsung . 

Ketiga, Otoritas dan Vaildasi, lalu informasi yang sudah dikekripsi diterima oleh sistem gateway akan dikirimkan ke bank penerbit baik itu debit atau kredit dan lembaga keuangan terkait. Pihak bank bakal memverifikasi transaksi tersebut dapat diotorisasi atau tidak. Hasil bentuk validasi apakah diterima atau ditolak dari otorisasi tadi dikirimkan kembali pada sistem gateway, kemudian transaksi ini akan keluar print receipt kepada penjual atau pembeli.

Gimana? udah pada tau ya sistem Payment Gateway ini bekerja. Namun disamping itu ternyata ada beberapa faktor nih yang dapat memengaruhi ketika kita memilih sistem payment gateway. Simak penjelasannya dibawah ya.

Baca juga: Pecinta Otomotif, Ini Ide Usaha yang Potensial Buatmu!



Faktor-faktor yang memengaruhi Pemilihan Sistem Payment Gateway?

- Biaya Transaksi

Pertama ada biaya transaksi, biaya yang terkait dalam penggunaan sistem payment gateway ini ternyata dapat memengaruhi keuntungan bisnis, dimana disetiap perusahaan provider sistem payment ini mempunyai perhitungan sendiri atau disebut potongan admin sebagai profit dari provider nya sendiri. 

 

- Kompatibilitas

Kompatibel yang dimaksud adalah gateway yang digunakan perlu kecocokan dengan bisnis yang kita jalankan, seperti E-commerce dll, karena setiap sistem gateway mempunyai fitur berbeda-beda.

- Keamanan 

Terakhir adalah sekuritas, dalam setiap sistem payment gateway sangat penting untuk kita sebagai penjual, pengusaha UMKM atau makro dapat memilih sistem gateway yang keamanan sudah teruji dan mempunyai banyak lapisan untuk menjaga data transaksi customer terlebih jumlah uang yang telah masuk dalam sistem tersebut.




Source: pinterest.com

Itulah penjelasan dari mengapa pentingnya memahami keamanan Sistem Payment Gateway dan bagaimana cara kerjanya agar tercipta transaksi Online yang man dan efisien bagi semua pengguna, baik itu penjual atau pembeli

Pengguna dapat memilih solusi yang paling tepat dengan kebutuhan bisnis kamu nantinya. Memilih sistem payment gateway yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan transaksi online dapat berjalan dengan lancar, aman dan efisien tentunya. 

Share : icon icon